MACAM – MACAM JENIS
BELAJAR
Dalam dunia pendidikan muncul keanekaragaman jenis
belar yang di pengaruhi kebutuhan hidup manusia.
1.
Belajar Abstrak
Belajar abstrak ialah belajar yang menggunakan cara-cara berfikir
abstrak. Tujuannya ialah untuk memperoleh pemahaman dan pemecahan masalah-masalah
yang tidak nyata. Contohnya belajar matematika, kimia, tauhid dll.
2.
Belajar Keterampilan
Belajar keterampilan ialah belajar dengan menggunakan gerakan-gerakan
motoric yakni yang berhubungan dengan urat-urat syaraf dan otot-otot. Tujuannya
ialah memperoleh dan menguasai keterampilan jasmani tertentu. Contohnya Olah
raga, music, menari, shalat dll.
3.
Belajar Sosial
Belajar sosial pada dasarnya adalah belajar memahami masalah-masalah
dan tehnik-tehnik untuk memecahkan suatu masalah, Tujuannya ialah untuk
mengusai pemahaman dan kecakapan dalam memecahkan masalah-masalah social
seperti masalah keluarga, masalah persahabatan, masalah kelompok dan masalah-masalah
lain yang bersifat kemasyarakatan. Contohnya belajar agama dan PPKn.
4.
Belajar Pemecahan Masalah
Belajar pemecahan masalah ialah belajar menggunakan metode-metode
ilmiah atau berfikir secara sistematis, logis, teratur dan teliti. Tujuannya ialah
untuk memperoleh kemampuan dan kecakapan kognitif untuk pemecahan secara rasional
, lugas dan tuntas.
5.
Belajar Rasional
Belajar rasional ialah belajar dengan menggunakan kemampuan berfikir
secara logis dan rasional (sesuai dengan akal sehat). Tujuannya yakni untuk
memperoleh aneka ragam kecakapan menggunakan prinsip-prinsip dan konsep-konsep.
Belajar rasional ini mampu memecahkan masalah dengan menggunakan pertimbangan
dan strategi akal sehat, logis dan sistematis.
6.
Belajar Kebiasaan
Belajar kebiasaan adalah proses pembentukankebiasaan-kebiasaan baru
atau perbaikan kebiasaan-kebiasaan yang telah ada. Belajar ini selain
menggunakan perintah, suri teladan dan pengalaman khusus, juga menggunakan
hukum dan ganjaran.
7.
Belajar Apresiasi
Belajar apresiasi adalah belajar mempertimbangkan arti penting atau
nilai suatu objek. Tujuannya ialah agar siswa memperoleh dan mengembangkan
kecakapan ranah rasa yang dalam hal ini kemampuan menghargai secara tepat
terhadap nilai objek tertentu misalnya apresiasi sastra, apresiasi music dll.
8.
Belajar Pengetahuan
Belajar
pengetahuan atau studi ialah belajar dengan cara melakukan penyelidikan yang
mendalam terhadap objek pengetahuan tertentu. Tujuannya ialah agar siswa
memperoleh atau menambah informasi dan pemahaman terhadap pengetahuantertentu
yang biasanya lebih rumit dan memerlukan kiat khusus dalam mempelajarinya,
misalnya dengan menggunakan alat-alat laboratorium dan penelitian lapangan.
No comments:
Post a Comment